Pertanyaan yang Sering Diajukan


A: Silahkan akses menu "Buat Laporan", kemudian ikuti petunjuk disini

Simpan dengan baik nomor laporan yang anda dapatkan setelah submisi/pengajuan laporan anda masuk ke sistem. Jangan sampai hilang, tercecer, atau diketahui oleh pihak yang tidak berhak. Komunikasi antara pelapor dan penerima laporan, serta pengecekan status tindak lanjut pelaporan yang disampaikan, hanya dapat dilakukan melalui portal Whistleblower AAIJ dan saluran kontak yang pelapor berikan saat pengajuan laporan tersebut.

A: Pengaduan yang Anda berikan akan direspon dan tercantum dalam AAIJ WBS ini. Untuk dapat melihat respon yang diberikan, silahkan ke menu "Cek Status", kemudian masukan nomor laporan yang anda dapatkan saat submisi laporan whistleblower, selanjutnya anda dapat melihat status laporan pengaduan anda. Sebagai catatan, pengaduan anda akan lebih mudah ditindaklanjuti apabila memenuhi unsur pengaduan.

A: Saat anda menghubungi kami, anda dapat memilih untuk memberikan ataupun tidak memberikan identitas asli diri anda. Anda tidak akan diminta untuk memberitahukan nama anda, kecuali bila anda sendiri yang memilih untuk memberitahukan identitas asli diri anda. Apapun keputusan anda, Tim Whistleblower kami akan memastikan bahwa identitas anda tidak akan diketahui oleh pihak lain. Tim Whistleblower akan merahasiakan informasi yang anda berikan dan hanya memberitahukan kepada perwakilan yang ditunjuk oleh AAIJ untuk dapat melakukan penyelidikan lebih lanjut. Akan tetapi informasi yang diberikan melalui pelayanan AAIJ WBS akan diberikan kepada pihak yang berwenang apabila undang-undang mengharuskan untuk berbuat demikian.

A: Jenis informasi yang perlu Anda berikan ketika melaporkan dugaan penyimpangan dan pelanggaran harus mencakup:

  • Pihak-pihak yang terlibat (Pelaku, saksi, dsb)
  • Tanggal, waktu dan lokasi kejadian
  • Kronologi kejadian
  • Bukti permulaan atas kejadian yang dilaporkan (apabila ada)
  • Jumlah kerugian (apabila ada)
  • Frekuensi kejadian
...